Rechercher dans ce blog

Sunday, June 10, 2018

Indonesia Jadi Anggota Dewan Keamanan PBB, Politikus PDIP: Ini Prestasi Pemerintahan Jokowi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kembali terpilihnya Indonesia menjadi anggota tidak tetap di Dewan Keamanan PBB (DK PBB) menurut politisi PDIP Andreas Hugo Pereira merupakan prestasi yang diraih pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam bidang Politik Luar Negeri/

Karena itu, anggota Komisi I DPR RI ini menegaskan, prestasi tersebut layak diapresiasi karena mencerminkan kemampuan politik diplomasi Indonesia yang dimotori Kementerian Luar Negeri. 

"Karena Kementerian Luar Negeri mampu melobby negara-negara anggota PBB sehingga Indonesia meraih 144 mengalahkan Maladewa 40 suara, untuk mewakili negara-negara Asia-Pasifik," ujar politikus PDI Perjuangan ini kepada Tribunnews.com, Minggu (10/6/2018). 

Keanggotaan Indonesia di DK PBB, menurut Andreas Pareira, seharusnya menjadi pintu masuk bagi Indonesia untuk terlibat lebih aktif, sebagai implementasi dari Politik Luar Negeri Indonesia yang bebas aktif.

Terutama,  untuk menggolkan agenda-agenda internasional seperti anti-terorisme, pemberantasan kejahatan lintas negara dan mendorong kerjasama ekonomi dan pembangunan di kawasan negara-negara sedang berkembang. 

Dia juga memberikan catatan, satu agenda pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang sampai saat ini belum terlihat kemajuan yang berarti adalah menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. 

Dengan keanggotaan Indonesia di DK PBB ini setidaknya menaikan posisi tawar Indonesia untuk memaksimalkan diplomasi kelautan. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. 

"Indonesia perlu memberikan perhatikan khusus pada aspek kelautan, khususnya keamanan laut, untuk mengawal potensi sumber daya maritim guna kemajuan Indonesia dan kawasan Asia Pasifik," jelasnya. 

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/06/10/indonesia-jadi-anggota-dewan-keamanan-pbb-politikus-pdip-ini-prestasi-pemerintahan-jokowi

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Côte-Saint-Luc first responders fundraise for colleague on life support in Barbados - CBC.ca

nnnindonesia.blogspot.com First responders in Côte-Saint-Luc are worried and heartbroken after their colleague, volunteer Clifford Jordan, ...

Postingan Populer