Rechercher dans ce blog

Sunday, July 29, 2018

Pengamat: Prabowo Calon Paling Realistis untuk Imbangi Jokowi di Pilpres 2019

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin memberikan analisis terkait wacana duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk maju dalam kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Dia menduga, wacana itu diembuskan sebagai strategi untuk menghambat pencapresan Prabowo Subianto yang memang sudah bulat didukung Partai Gerindra.

Baca: Dapat Info Akurat, Effendi Simbolon Bilang 4 Partai Telah Sepakat Usung Anies-AHY di Pilpres 2019

“Wacana ini dihembuskan bisa juga sebagai strategi membuat Prabowo tertekan, dan menjatuhkan pilhan ke Anies,” kata Ujang dalam pernyataannya, Minggu (29/7/2018).

Di satu sisi, kata Ujang, jika Anies maju sebagai Capres maka harus seizin presiden, yang artinya bisa saja Anies juga terhambat oleh aturan tersebut. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2018.

Gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota atau wakil walikota yang akan dicalonkan oleh partai politik peserta pemilu sebagai calon presiden atau calon wakil presiden harus meminta ini kepada presiden, demikian bunyi Pasal 29 ayat (1) PP Nomor 32 Tahun 2018.

Untuk itu, Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) ini membaca wacana tersebut merupakan salah satu strategi yang dilakukan kubu lawan Prabowo untuk memecah kekuatan lawan.

Ujang menjelaskan, banyak pihak mengetahui yang berpotensi melawan Jokowi di Pilpres 2019 sebagai capres hanya Prabowo dan Anies.

Namun lanjut Ujang, Prabowo adalah satu-satunya calon yang paling realistis didorong, menimbang hanya popularitas dan elektabilitasnya yang mampu mengimbangi kekuatan Jokowi di Pilpres 2019.

Maka, dengan asumsi koalisi Gerindra, PAN dan tentunya ditambah Demokrat yang solid jadi mestinya taka da lagi kekhawatiran untuk kalah.

“Untuk itu, Gerindra bersama partai koalisinya harus menghilangkan kekhawatiran akan kalah jika terjadi rematch Prabowo vs Joko Widodo,” kata Ujang.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/29/pengamat-prabowo-calon-paling-realistis-untuk-imbangi-jokowi-di-pilpres-2019

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Côte-Saint-Luc first responders fundraise for colleague on life support in Barbados - CBC.ca

nnnindonesia.blogspot.com First responders in Côte-Saint-Luc are worried and heartbroken after their colleague, volunteer Clifford Jordan, ...

Postingan Populer