Rechercher dans ce blog

Sunday, May 13, 2018

PBNU Bersama Tokoh Lintas Agama Sampaikan Pernyataan Sikap Terkait Aksi Teror Di Surabaya

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama bersama para Tokoh Lintas Agama menyampaikan pernyataan sikap mereka terkait kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok dan aksi teror bom terhadap tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur.

Dipimpin Sekjen PBNU, Helmy Faishal Zaini, satu per satu perwakilan dari tokoh lintas agama pun membacakan 6 poin dalam pernyataan sikap mereka di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Minggu malam (13/5/2018).

Baca: Kementerian Sosial Terjunkan Tim Psikososial Bantu Korban Ledakan Bom Tiga Gereja Di Surabaya

Berikut 6 poin yang menjadi sikap dari para tokoh lintas agama dalam menyikapi peristiwa peledakan bom di 3 gereja saat para jemaat hendak melakukan ibadah misa.

Pertama, mengutuk keras berbagai tindakan terorisme, atas dasar dan latar belakang apapun, tindakan-tindakan yang menggunakan kekerasan, terorisme, menebarkan rasa benci, dan juga mengkafirkan mereka yang di luar keyakinannya, bukanlah ajaran agama.

Baca: Istri Polisi Korban Bom di Gereja Surabaya Tak Tahu Kalau Suminya Jadi Korban

Kedua, mendesak sekaligus mendukung sepenuhnya upaya dan langkah-langkah pemerintah dan aparat keamanan untuk mengusut secara cepat dan tuntas motif, pola, serta gerakan yang memicu terjadinya peristiwa tersebut.

Gerakan terorisme sudah semakin merajalela, maka diperlukan penanganan khusus dan ekstra yang lebih intensif dari berbagai pihak, utamanya megara melalui keamanan, negara wajib hadir untuk menjamin keamanan hidup setiap warganya.

Baca: PP AMPG Mengutuk Keras Aksi Bom Bunuh Diri di Surabaya

Ketiga, menyampaikan rasa belasungkawa yang sangat mendalam kepada seluruh keluarga korban, atas musibah yang sedang dialami, segala yang terjadi merupakan suratan takdir dan kita harus menerimanya dengan penuh sikap kedewasaan, lapang dada, ketabahan dan kesabaran.

Keempat, mengajak seluruh warga Indonesia untuk bersatu padu menahan diri, tidak terprovokasi serta terus menggalang solidaritas kemanusiaan sekaligus menolak segala bentuk kekerasan.

Jika mendapati peristiwa sekecil apapun yang menjurus pada radikalisme dan terorisme segera laporkan ke aparat keamanan.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/05/13/pbnu-bersama-tokoh-lintas-agama-sampaikan-pernyataan-sikap-terkait-aksi-teror-di-surabaya

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Côte-Saint-Luc first responders fundraise for colleague on life support in Barbados - CBC.ca

nnnindonesia.blogspot.com First responders in Côte-Saint-Luc are worried and heartbroken after their colleague, volunteer Clifford Jordan, ...

Postingan Populer