Rechercher dans ce blog

Monday, April 30, 2018

‎Jokowi Tawarkan RI Jadi Tuan Rumah Pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menawarkan ‎Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Tawaran tersebut langsung disampaikan ‎Jokowi saat menerima Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-Beom dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Selatan untuk Indonesia, An Kwang II.

"Tadi kami menawarkan apabila Indonesia dibutuhkan kita siap, intinya itu," ucap Jokowi di Istana Merdeka, Senin (30/4/2018).

Baca: Kakek Pedagang Ikan Keliling Meninggal Setelah Didatangi Penagih Utang

‎Jokowi menjelaskan, bantuan yang dapat diberikan Indonesia bisa berupa tempat sebagai pertemuan antara Presiden Korea Utara dan Presiden Amerika Serikat.

Namun keputusan tersebut sepenuhnya diserahkan kepada kedua belah pihak.

"‎Kami sampaikan Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah pertemuan-pertemuan itu. Beliau akan menyampaikan ke sana dulu," ujar Jokowi.

Baca: Wanita yang Dipersekusi Orang Berkaus #2019GantiPresiden Saat Car Free Day Akan Tempuh Jalur Hukum

Pertemuan antara Presiden Korut dan AS disebut untuk membahas denukrilisasi dan penyelesaian permasalahan di Semenajung Korea yang dipicu oleh program senjata nuklir Korut.

Sebelumnya, Presiden Korut Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae In mengadakan KTT dan melakukan deklarasi Panmujeon di gedung Peace House, Korsel.

Deklarasi yang diprakarsai oleh Kim Jong Un dan Moon Jae-in ini berisi 9 poin soal peningkatan kerja sama antar kedua negara.

Baca: Kasus Penculikan Bayi Terungkap, Tetangga Kontrakan Dengar Suara Bayi Menangis Sebelum Penggerebekan

Keadaan di semenanjung Korea sempat memanas dalam dua tahun terakhir akibat rentetan uji coba rudal balistik dan senjata nuklir Korea Utara.

Melalui deklarasi Panmujeon, Korsel dan Korut sepakat untuk denuklirisasi dan mengakhiri Perang Korea.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/04/30/jokowi-tawarkan-ri-jadi-tuan-rumah-pertemuan-kim-jong-un-dan-donald-trump

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Côte-Saint-Luc first responders fundraise for colleague on life support in Barbados - CBC.ca

nnnindonesia.blogspot.com First responders in Côte-Saint-Luc are worried and heartbroken after their colleague, volunteer Clifford Jordan, ...

Postingan Populer