Rechercher dans ce blog

Friday, August 31, 2018

Zulkifli Minta Bawaslu Konsisten Terapkan Larangan Mantan Napi Ikut Pileg

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) konsisten dalam menerapkan aturan larangan mantan narapidana korupsi ikut dalam Pemilu Legislatif 2019.

Sebelumnya Bawaslu kembali meloloskan dua Bakal Calon Legislatif dalam Pileg mendatang. Sehingga, total ada 5 Bacaleg yang telah diloloskan Bawaslu.

"Bawaslu harus konsisten dong kita sudah tanda tangan ya, Bawaslu datang ke tempat kita, tanda tangan pakta intergritas. Semua partai tandatangan pakta intergritas ya,"ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, (31/8/2018).

Menurut Zulkifli partainya sudah mencoret Bacaleg yang pernah menjadi mantan Napi Korupsi. Partainya kata Zulkifli, serius dalam menjalankan aturan tersebut.

"Saya sudah teken langsung sama ketua Bawaslu. Pakta intergritas, ini-itu banyak sekali kita baca itu. Akhirnya kita tidak memasukan Caleg-caleg (mantan Napi) ya. Harus konsisten dong," katanya.

Zulkifli meminta Bawaslu konsisten menerapkan aturan larangan tersebut. Sehingga, segala keputusan yang dikeluarkan dapat dipercaya publik.

"Kalau enggak nanti tidak dipercaya publik," katanya.

Untuk diketahui dalam meloloskan Bacaleg mantan napi korupsi, Bawaslu merujuk pada Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Sementara larangan mantan Napi ikut dalam Pileg diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018.

Adapun 5 Mantan Napi Korupsi yang lolos menjadi Bacaleg tersebut berasal dari Rembang, Pare-Pare, Aceh, Tana Toraja, dan Sulawesi Utara.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/08/31/zulkifli-minta-bawaslu-konsisten-terapkan-larangan-mantan-napi-ikut-pileg

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Côte-Saint-Luc first responders fundraise for colleague on life support in Barbados - CBC.ca

nnnindonesia.blogspot.com First responders in Côte-Saint-Luc are worried and heartbroken after their colleague, volunteer Clifford Jordan, ...

Postingan Populer