Rechercher dans ce blog

Monday, May 7, 2018

Menhub Imbau Pemudik Tak Gunakan Sepeda Motor

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan sarana transportasi yang akan dipergunakan untuk mengangkut pemudik yang menjalani libur di kampung halaman saat Hari Raya Idul Fitri 2018.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mempersiapkan sarana transportasi meliputi kendaraan darat, laut, maupun udara. Untuk persiapan mudik, dia sudah mengumpulkan stakeholder terkait pada beberapa waktu lalu.

"Secara umum mudik itu penting dan kami menggarap bukan saja darat," tutur Budi, ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Senin (7/5/2018).

Dari tiga jenis moda transportasi itu, dia menilai transportasi udara mempunyai peran yang bisa menampung pemudik dalam jumlah banyak. Sementara itu, transportasi laut akan dicoba menggunakan mudik gratis.

Salah satu contohnya, pemudik menggunakan sepeda motor digratiskan apabila menggunakan jasa transportasi laut mulai dari DKI Jakarta menuju ke Semarang.

Sementara itu, untuk jalur darat, dia menjelaskan, jalur utara dan selatan yang akan dilalui pemudik sudah bagus. Namun, dia meminta melakukan Ramp check. Ramp check untuk memastikan kelaikan kendaraan sebelum jalan.

Menurut dia, instansi Polri bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan Transportasi melakukan pemeriksaan.

"Mudik lebaran itu jika tidak ada lebel Ramp check bus truk itu engga boleh lewat. Karena pengalaman beberapa tahun lalu , rem blong yang engga ada Ramp check nya ya," kata dia.

Selain itu, dia menyoroti pemudik menggunakan sepeda motor. Melihat tingginya angka kecelakaan, dia menyarankan supaya tidak mengendari kendaraan roda dua itu saat pulang kampung.

"Dua tahun berturut-turut dicatat rekor kecelakaan itu 75 persen karena motor. Jadi alangkah indahnya, saya mengimbau jangan menggunakan motor," katanya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/05/07/menhub-imbau-pemudik-tak-gunakan-sepeda-motor

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Côte-Saint-Luc first responders fundraise for colleague on life support in Barbados - CBC.ca

nnnindonesia.blogspot.com First responders in Côte-Saint-Luc are worried and heartbroken after their colleague, volunteer Clifford Jordan, ...

Postingan Populer